ATR/BPN Kota Bandar Lampung luncurkan loket online pada Hari Senin 16 November 2020. Gagasan penyediaan fasilitas online ini didasari semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih hemat waktu kepada pemohon. Tentunya, melalui konsep yang diimplementasikan dalam sistem tersebut, prinsip-prinsip dalam upaya mendukung terwujudnya protokol kesehatan menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung merupakan kantor BPN di tingkat kabupaten/kota yang paling banyak menerima permohonan layanan pertanahan. Jumlah permohonan layanan tiap hari jauh lebih banyak dibandingkan dengan kantor pertanahan lain di Provinsi Lampung. Tantangan yang dihadapi terutama dalam kaitannya dengan pandemi COVID-19 adalah bagaimana mengefektifkan waktu tatap muka antara petugas loket dengan pemohon layanan. Tren yang muncul di Kota Bandar Lampung setelah BPN Kota Bandar Lampung mendeklarasikan diri untuk meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) adalah masyarakat cenderung memilih untuk mengurus sendiri administrasi pertanahannya. Jumlah pemohon layanan tanpa kuasa cenderung naik sangat signifikan. Tren ini tentunya perlu diimbangi dengan edukasi agar pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat diperoleh dengan menyenangkan. Hadirnya loket online ini salah satunya ditujukan untuk memberikan edukasi. Pemohon layanan (termasuk masyarakat awam) dapat terlebih dahulu mendaftar via situs ini atau melalui link loket.bpn-bandarlampung.id. Pemohon layanan kemudian perlu membuat akun di fasilitas Pre-Loket. Setelah itu pemohon layanan membuat ticket agar terhubung dengan loket terkait. Pemohon layanan cukup menulis nama lengkap di kolom subject, lalu memilih jenis layanan dalam kolom product. Selanjutnya pemohon layanan melampirkan foto/scan dokumen persyaratannya. Persyaratan untuk tiap layanan telah dicantumkan di halaman Pre-Loket. Selanjutnya, petugas loket akan menghubungi pemohon layanan. Apabila berkas lengkap dan benar, pemohon layanan akan diberikan jadwal untuk tatap muka sekaligus membawa berkas asli yang sebelumnya discan/difoto.

ATR/BPN Kota Bandar Lampung luncurkan loket online di tengah pandemi sebagai wujud kepedulian. Satu hal yang sangat perlu dijaga adalah imunitas tubuh. Imunitas tersebut berkaitan dengan asupan nutrisi, stock energi dalam tubuh, dan situasi psikologis manusia. Dengan adanya loket online yang sejatinya merupakan layanan yang memberikan asistensi ekstra kepada pemohon layanan, pemohon layanan akan selalu diarahkan agar nantinya layanan yang diperlukan dapat berjalan lancar. Pemohon layanan tidak perlu lagi mengantre lama di loket. Pemohon layanan tidak perlu lagi bolak-balik mengurus kekurangan dokumen persyaratan. Pemohon layanan dan petugas loket akan terhubung secara online melalui ruang (ticket) yang disediakan di Pre-Loket. Pemohon layanan cukup datang hanya pada saat penyerahan berkas dan pengambilan produk. Waktu tunggu antrean pun menjadi lebih singkat sebab tiap pemohon layanan telah diberikan waktu spesifik untuk tatap muka dengan petugas loket.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung, Ibu Djudjuk Tri Handayani, S.H. dalam arahannya secara jelas berharap nantinya loket online ini dapat dikembangkan untuk menciptakan layanan-layanan unggulan yang lebih memudahkan masyarakat. Dengan adanya ruang (ticket) antara pemohon layanan dan petugas loket sebelum layanan didaftarkan secara offline, petugas dari Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung dapat memberikan asistensi maksimal agar pelayanan pertanahan dapat berjalan lancar.

#Melayani #Profesional #Terpercaya