Asistensi Tata Cara Penggunaan Loket Online

Asistensi Tata Cara Penggunaan Loket Online

Asistensi tata cara penggunaan loket online kepada petugas loket Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung dilaksanakan pada Hari Kamis 19 November 2020. Forum yang dikemas secara virtual tersebut dihadiri oleh semua petugas loket baik yang sedang Work From Office (WFO) maupun Work From Home (WFH). Asistensi tersebut diselenggarakan sehubungan dengan banyaknya permintaan panduan dari para pemohon layanan. Loket online Kantah Kota Bandar Lampung baru saja dijalankan. Hal yang wajar apabila dalam proses transisi dari metode tatap muka menjadi maya seperti ini memunculkan banyak kebingungan pada masyarakat awam.

Asistensi tata cara penggunaan loket online ini penting ditujukan untuk para pihak terkait. Petugas loket maupun masyarakat umum (pemohon layanan pertanahan) perlu mendapatkan asistensi. Pada prinsipnya, keberadaan loket online ini diharapkan dapat memudahkan pemohon layanan dan mengurangi frekuensi serta durasi tatap muka baik pemohon layanan maupun petugas loket. Setiap pemohon layanan akan dipandu untuk terlebih dahulu melengkapi dokumen persyaratan sesuai layanan pertanahan yang dipilih. Selanjutnya, pemohon layanan akan mendapatkan jadwal tatap muka untuk penyerahan dokumen asli dan pengisian blanko pendaftaran manual. Asistensi via zoom kali ini untuk memberikan bekal kepada para petugas loket dalam menyampaikan informasi tentang loket online kepada pemohon layanan.

Ringkasan Step-by-Step Penggunaan Loket Online/Fasilitas Pre-Loket

  1. Kunjungi halaman loket.bpn-bandarlampung.id atau klik di sini.
  2. Apabila pemohon layanan akan mengajukan antrean pertama kali maka klik DAFTAR. Apabila pernah mengajukan antrean dan ingin memantau proses antrean atau ingin mengajukan antrean untuk pelayanan lain maka klik MASUK.
  3. Pemohon layanan yang pertama kali menggunakan loket online silahkan isi nama depan, nama belakang, email, dan password. Pemohon harus mengingat email dan password yang didaftarkan. Selanjutnya klik “Buat Akun”. Apabila pemohon layanan pernah mengajukan antrean, cukup isikan email dan password lalu klik “Masuk”.
  4. Sistem akan mendeteksi apakah pemohon layanan pernah mengajukan antrean atau belum. Apabila belum, akan muncul keterangan “Anda belum mendaftar antrean layanan. Klik di sini untuk mendaftar antrean layanan.”. Selanjutnya silahkan isi Nama Lengkap, Keterangan tambahan (apabila diperlukan), memilih jenis Layanan Pertanahan, dan menaruh (drag and drop) foto/scan dokumen persyaratan pada kolom isian Lampiran Dokumen Persyaratan. Sistem memberikan kemungkinan pemohon layanan mengunggah hingga 15 dokumen persyaratan (format jpg, jpeg, pdf, docx, zip) dengan ukuran tiap dokumen maksimal 60 MB. Terakhir, klik tombol DAFTAR ANTREAN SEKARANG!.
  5. Proses pengajuan antrean selesai. Petugas loket akan memverifikasi dokumen persyaratan yang diunggah. Apabila terdapat kekurangan, petugas loket akan menghubungi pemohon layanan via fasilitas Pre-Loket ini. Apabila dokumen persyaratan telah lengkap, petugas loket akan menyampaikan jadwal tatap muka. Pemohon layanan perlu selalu memantau dashboard akun Pre-Loket untuk mengikuti arahan petugas loket.
  6. Perlu dicatat, sebelum petugas loket memberikan jadwal tatap muka, pemohon layanan yang memaksakan datang ke loket tidak akan dilayani.

#Melayani #Profesional #Terpercaya