Kantah Kota Bandar Lampung implementasikan struktur baru organisasi. Sebanyak 4 pejabat pengawas dikukuhkan pada jabatan baru sesuai Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 17 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pertanahan. Pelantikan/pengukuhan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2020 tersebut juga melantik 14 pejabat fungsional yang sebelumnya menjabat sebagai kepala sub seksi. Berdasarkan struktur baru ini maka organisasi kantor pertanahan hanya memiliki 2 tingkat pejabat struktural, yaitu kepala kantor (eselon III) dan kepala sub bagian tata usaha/kepala seksi (eselon IV).

Kantah Kota Bandar Lampung laksanakan pelantikan/pengukuhan Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di Aula Gedung Baru. Ibu Djudjuk Tri Handayani, S.H. (Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung) memimpin prosesi tersebut. Hadir 2 (dua) pejabat eselon III dari Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung. Bapak Adi Irawan, S.SiT., M.H. (Kepala Bagian Tata Usaha) dan Bapak Alfarabi, S.H., M.H. (Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan) mengikuti rangkaian prosesi pelantikan/pengukuhan sebagai saksi. Pelantikan/pengukuhan ini merupakan sebuah gong pengejawantahan organisasi yang lebih efisien. Beberapa tugas fungsi juga mengalami pergeseran antar seksi. Berikut struktur eselon IV yang berlaku di kantor pertanahan:

  1. Sub Bagian Tata Usaha,
  2. Seksi Survei dan Pemetaan,
  3. Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran,
  4. Seksi Penataan dan Pemberdayaan,
  5. Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan,
  6. Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa.

Dengan dilaksanakannya peraturan terkait reorganisasi tersebut maka Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung semakin terbuka pada inovasi. Kinerja pegawai sekarang menjadi tolok ukur pengembangan karir. Hal tersebut diyakini dapat mewujudkan atmosfer yang hangat bagi kompetisi antar pegawai dalam menunjukkan performa dan pemikiran terbaiknya. Pelayanan pertanahan kepada masyarakat pun akan semakin inovatif dan mudah.